REKOMENDASI BUKU KITAB WABAH & TAUN Dalam Islam - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, September 13, 2020

REKOMENDASI BUKU KITAB WABAH & TAUN Dalam Islam


Buku ini adalah buku yang membahas tentang wabah dengan sudut pandang Islam. Buku ini adalah buku Islam klasik pertama yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan bahasan spesifik yaitu wabah. Penulis buku ini adalah salah seorang ilmuwan Islam yang sangat terkemuka pada zamannya. Beliau adalah Ibnu Hajar Al-Asqalani, seorang ulama Mesir yang terkemuka di awal abad ke-15 Masehi. 

Ibnu Hajar Al-Asqalani adalah ulama yang sangat produktif. Salah satu kitab yang ditulis dan sering dikaji di kalangan pondok pesantren hingga saat ini adalah kitab Bulugh Al Maram, sebuah kitab hadis yang mengungkap tentang dalil-dalil fiqih. Sedangkan karya beliau yang sangat fenomenal adalah kitab Fathul Baari, kitab tersebut bahkan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan tebal 36 jilid. 

Kitab wabah ini secara umum membahas tentang sudut pandang Islam mengenai suatu penyakit yang menyebar secara luas. Mushannif menghamparkan dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur'an dan Hadits mengenai wabah yang pernah menimpa sejak sebelum datangnya agama Islam. Bahkan pada umat terdahulu wabah adalah salah satu azab terhadap mereka. 

Seiring datangnya agama Islam yang menjadi petunjuk bagi seluruh semesta alam, sudut pandang wabah tidak lagi dimaknai sebagai sebuah azab. Wabah kemudian dianggap sebagai ujian menuju jalan kesyahidan. Dalam pemaparannya, Mushannif menjelaskan silsilah periwayatan setiap hadits yang dikemukakan. Beliau juga menjelaskan status dan kedudukan setiap hadits yang disebutkan dalam kitab ini. 

buku ini sangat bagus dibaca oleh semua kalangan dan berbagai kategori usia. buku ini memaparkan tata cara yang baik dalam rangka menghadapi sebuah wabah yang melanda di suatu daerah ataupun suatu wilayah. buku ini juga diakhiri dengan tanya jawab seputar pandemi covid-19 yang kini sedang melanda dunia. Dengan membaca buku ini kita akan mengetahui bahwa dalam kondisi tertentu Islam mengutamakan hak hidup bagi pemeluknya.

Judul            : KITAB WABAH & TAUN Dalam Islam

Judul Asli    : Badz Al Ma'un Fi Fadhli Ath-Tha'un

Penulis         : Ibnu Hajar Al-Asqalani

Penerjemah : Fuad Syaifudin Nur

Penerbit        : Turos Pustaka

Cover             : Hard Cover

Tebal             : xxii + 374 15x23 cm

Terbit           : 1 Agustus 2020

ISBN            :  978-623-7327-42-4

Harga           : Rp100.000,00-Rp135.000,00


#rekomendasibuku

#ayomembaca

#bukureferensi

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here