RESENSI BUKU KI AGENG SURYO MENTARAM SANG PLATO DARI JAWA - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, November 25, 2017

RESENSI BUKU KI AGENG SURYO MENTARAM SANG PLATO DARI JAWA

By : Teguh Kasiyanto

Penulis          : Ratih Sarwiyono
Penerbit        : Cemerlang Publishing
Tahun Terbit : 2017
Tebal             : VII+200 Halaman
Ukuran          : 14x21 cm
Harga             : Rp37.000,00



Ki Ageng Suryomentaram adalah salah seorang bangsawan dari Keraton Yogyakarta. Nama kecil dari Ki Ageng Suryomentaram adalah Raden Mas Kudiarmaji. Ayahandanya adalah Sultan Hamengkubuwono VII. Ibunya bernama Retnomandaya. Beliau terlahir dari keluarga yang cukup mapan lagi terpandang. Beliau dilahirkan pada tanggal 20 Mei 1892  tempat Menjelang Magrib. Beliau bukanlah anak pertama dari Sultan Hamengkubuwono VII, akan tetapi beliau adalah anak yang ke 55.
Ki Ageng Suryomentaram adalah sosok yang tidak terlena akan status sosialnya. Beliau memiliki kegelisahan kegelisahan yang tak dapat dipecahkan selama berada dalam kungkungan istana. Kegelisahan  kegelisahannya pun diceritakan pada Kyai Ahmad Dahlan. Beliau disarankan untuk menunaikan ibadah haji. Namun setelah menjalankan ibadah haji, beliau belum juga menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan nya. Sang pangeran melarikan diri dari istana. Sang pangeran pergi ke Cilacap untuk menjalani kehidupan yang sesungguhnya. Di Cilacap, dia berdagang kain bersama sahabatnya. Kepergiannya dari Kraton Yogyakarta, tak urung membuat lingkungan Kraton mencari-cari keberadaannya, dia  akhirnya dipanggil kembali ke dalam Kraton. Apakah yang terjadi selanjutnya.?

Baca juga :
http://ilmubarokahmanfaat.blogspot.co.id/2017/11/resensi-buku-ensiklopedia-wayang.html

Buku yang tidak terlalu tebal ini cukup mudah dipahami. Penyusunan penulisan di dalamnya, tidak mengikat kita untuk membacanya secara urut dan runtut. Buku yang memiliki ketebalan tak kurang dari 200 halaman ini, terbagi ke dalam 7 bab. Ke pertamanya mengulas tentang sejarah pangeran Suryomentaram secara ringkas dan lugas. Sementara 6 bab berikutnya berisi tentang ajaran-ajaran dan konsep hidup yang diajarkan oleh Ki Ageng suryomentaram kepada kita semua.
Apa yang membedakan buku ini dengan buku-buku lain yang sama-sama membahas tentang Ki Ageng Suryomentaram.? Pada bab II hingga bab VII buku ini, secara spesifik membahas ajaran-ajaran Ki Ageng Suryomentaram. Dalam setiap poin ajarannya, penulis menyajikan kolom-kolom yang berisi pertanyaan yang dapat kita jawab secara Individual. Jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan dapat membuat kita mudah untuk mengevaluasi diri sendiri. Yang cukup menarik pulang, pada bab terakhir buku ini ditawarkan tentang konsep tentang manusia merdeka. Mungkin karena inilah, penulis memberi judul buku ini dengan judul, Ki Ageng Suryomentaram Sang Plato dari Jawa.
Bagi Anda yang ingin mengevaluasi diri dan juga menginginkan hidup yang penuh filosofis, Tidak ada salahnya membaca buku ini. Karena, di dalam buku ini tertuang berbagai macam konsep kehidupan ala Ki Ageng Suryomentaram. Akan tetapi, Jika anda ingin menemukan biografi lengkap dari Ki Ageng Suryomentaram, buku ini bukanlah pilihan yang tepat. Karena dalam buku ini, hanya terdapat sebuah BAB yang menceritakan perjalanan hidup Ki Ageng Suryomentaram.


SELAMAT MEMBACA...........

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here