Resensi Buku Sultan Agung Menelusuri Jejak-jejak Puncak Kekuasaan Mataram - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, April 29, 2019

Resensi Buku Sultan Agung Menelusuri Jejak-jejak Puncak Kekuasaan Mataram


Penulis            : Krisna Bayu Adji & Sri Wintala Achmad
Penerbit           : Araska
Tahun Terbit   : 2019
Tebal               :  296 Halaman
Ukuran             : 14x20,5 cm
Harga               : Rp50.000,00 
ISBN.              : 978-602-5805-80-6

Buku yang ditulis oleh penulis buku buku sejarah ini adalah sebuah buku yang menarik. Selama ini telah banyak buku-buku sejarah terutama tentang sejarah jawa. Akan tetapi, buku-buku sejarah tentang Jawa tersebut sangat minim mengungkap latar belakang seorang tokoh secara mendalam. Buku ini adalah sebuah buku yang khusus membahas tentang perjalanan hidup seorang raja besar Kerajaan Mataram Islam yang fenomenal. 
Buku ini diawali dengan pembahasan sejarah leluhur Sultan Agung. Meskipun pembahasannya tidak terlalu mendalam, namun bagian awal ini cukup memberikan kita informasi-informasi yang penting mengenai leluhurnya. Kisah tentang perselisihan antara Ki Ageng Pemanahan dan Ki Ageng Giring. Sebuah perselisihan di antara keduanya dikarenakan Ki Ageng Pemanahan an setelah meminum air kelapa keramat milik Ki Ageng Giring.

Buku ini sangat bagus dalam menyusun narasi sejarah Sultan Agung. Akan tetapi, buku ini hanya memuat sedikit sekali informasi mengenai masa muda Sultan Agung. Sebagian pembahasan pada buku ini adalah sejak Sultan Agung naik tahta. Di tengah kontestasi perebutan wilayah-wilayah di pulau Jawa oleh kerajaan bercorak Islam, Sultan Agung mampu membawa Mataram ke atas puncak kejayaan terbaiknya. Mataram berkembang dengan pesat dalam 32 tahun kepemimpinan Sultan Agung. 
Kerajaan Mataram Islam sebagai salah satu kekuatan besar di tanah Jawa tidak didapatkan secara mudah oleh Sultan Agung. serangkaian penaklukan dan pergolakan pemberontakan terjadi pada masa kepemimpinannya. Perlawanan berdarah Surabaya adalah salah satu perjuangan paling berdarah dalam proses penaklukan. Lebih dari setengah pulau Jawa dikuasai oleh kerajaan Mataram kala itu. Namun, Mataram dibawah kepemimpinan Sultan Agung masih gagal untuk menyingkirkan VOC dari Batavia. Selain kegagalan tersebut, Sultan Agung berhasil memadamkan pemberontakan Pragola II, Dipati Ukur dan pemberontakan Pajang. 
Sebagai salah satu pemimpin terbesar kerajaan Mataram Islam, Sultan Agung telah banyak meninggalkan perubahan besar bagi masyarakat Jawa. Pada masa Sultan Agung berkuasa, di susunlah sebuah kalender Jawa yang didasarkan pada kalender Hijriyah. Pada masa Sultan Agung filsafat Jawa sangat hidup dan berkembang dengan pesat. Perkembangan filsafat Jawa tersebut diiringi dengan perkembangan sastra gending Jawa wa. Para pembaca yang budiman, akan lebih baik lagi jika Anda membaca buku tersebut hingga bagian akhir, karena kita akan menemukan berbagai hal hal menarik di dalam perjalanan kepemimpinan Sultan Agung.

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here