KRL, Ruang Aktual Masyarakat Organik - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, April 23, 2019

KRL, Ruang Aktual Masyarakat Organik

Stasiun Gondang Dia

KRL atau yang lebih kita kenal dengan Kereta Rel Listrik adalah salah satu moda transportasi terpadu yang beroperasi di DKI Jakarta peserta daerah penyangganya. Kereta Rel Listrik tersebut menghubungkan daerah-daerah di kawasan Jabodetabek.  Moda transportasi terpadu ini dalam sehari dapat mengangkut lebih dari satu juta orang. 
Penumpang dari moda transportasi ini didominasi oleh orang-orang yang bekerja di kawasan ibu kota maupun mahasiswa yang sedang melaksanakan studi di daerah Depok dan sekitarnya. Pada jam-jam tertentu, terutama jam keberangkatan kerja dan pulang kerja, penumpang moda transportasi ini sangat membludak dan berdesak-desakan. Pada jam-jam sibuk kerja, akan sangat sulit menemukan tempat duduk bagi penumpang KRL. Sebagian besardiantara mereka berdiri dan berpegang pada tempat pegangan yang telah disediakan. 
Penumpang KRL mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan penumpang kereta api pada umumnya. Pada saat kita menumpang kereta api, kita akan dengan mudah menemukan orang-orang yang saling sapa meskipun mereka tidak saling kenal sebelumnya. Penumpang kereta api terutama tujuan jarak jauh, sangat dimungkinkan bagi mereka untuk berkenalan dengan orang-orang baru sebagai teman mengobrol di perjalanan. 
Namun, hal yang jauh berbeda terjadi pada penumpang KRL. Mereka adalah orang-orang dengan jadwal teratur dan tujuan yang relatif tidak terlampau jauh. Saat di stasiun misalnya, mereka akan cenderung diam sembari duduk ataupun berdiri. mereka hanya akan mengobrol dengan orang-orang yang telah mereka kenal sebelumnya. Belum lagi, ketika di stasiun, mereka dituntut mendengarkan setiap pengumuman yang diberikan oleh petugas. Jika mereka sampai salah mendengarkan informasi tentang keberangkatan kereta, sangat dimungkinkan akan salah mengambil jurusan. 
Saat KRL tujuan telah datang, mereka yang telah dari tadi menunggu akan saling berebut untuk masuk. Tak sampai beberapa lama, pintu KRL akan segera tertutup dan mulai melaju. Di dalam KRL yang penuh sesak ketika jam efektif kerja, gerbong penuh sesak dengan manusia. Saling berdesakan satu sama lain untuk mendapatkan tempat yang nyaman. Masing-masing dari mereka ada yang sekedar terdiam dan ada pula yang membuka ponsel masing-masing. Sangat sedikit terdengar obrolan di antara mereka. Sesekali mereka yang membuka ponsel memainkan game game online seperti halnya PUBG mobile. hanya suara tembak-tembakan dari game tersebutlah yang lebih sering muncul di atas gerbong KRL. Hal yang demikian membuat mereka layak disebut sebagai masyarakat organik.
Emile Durkheim (1858-1917) salah satu sosiolog Prancis membagi masyarakat menjadi dua bagian, yaitu: masyarakat mekanik dan masyarakat organik. Pada masyarakat mekanik masyarakat yang memiliki ciri-ciri yaitu: volume masyarakat yang penuh, memiliki intensitas perjumpaan yang tinggi, masyarakatnya kaku dan terdiri dari kelompok religius yang taat serta adat istiadat. Sedangkan masyarakat organik memiliki ciri-ciri berkebalikan dari masyarakat mekanik (Ritzer, 2012:145-151). Masyarakat organik cenderung individualis, memiliki pembagian kerja yang spesifik, hubungannya bersifat kepentingan serta lebih luwes dalam pergaulan. Luwes di sini dalam artian dapat bergaul dengan suku bangsa manapun serta golongan apapun asalkan sejalan dengan kepentingan.
kondisi yang muncul pada penumpang KRL tidak jauh berbeda dengan apa yang telah diungkapkan Durkheim tentang masyarakat organik. sesekali obrolan hanya terdengar antara ibu-ibu yang telah saling kenal. sementara pada penumpang lain semua sibuk membuka handphone masing-masing, baik untuk bersosial media ataupun hanya sekedar bermain game online. Sangat wajar memang hal tersebut terjadi, karena mereka memiliki kesibukan dan pekerjaan yang berbeda-beda.

Referensi :
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Edisi ke-8. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here