Resensi Buku Ensiklopedia Wayang-Wayang Nusantara - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, July 28, 2018

Resensi Buku Ensiklopedia Wayang-Wayang Nusantara



By : Teguh Kasiyanto

Penulis            : Rizky Utami Handayani
Penerbit           : CV Angkasa
Tahun Terbit   : 2014
Tebal               :  vi+90Halaman
Ukuran             : 17,6x25 cm
Harga               : Rp70.000,00 
ISBN.              : 978-979-665-647-9


Indonesia adalah negara kepulauan dengan keberagaman budayanya. jawab sebagai negara kepulauan Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan bahasa. Keberagaman tersebut melahirkan Khasanah kekayaan budaya yang berlimpah. Keberagaman adalah suatu hal yang jarang dimiliki oleh negara-negara di dunia ini. 
Dari sekian banyak budaya yang muncul di nusantara, wayang adalah salah satu dari produk budaya budaya tersebut. Wa yang telah ada Jauh sebelum Islam merangkul Nusantara. Ketika Hindu Budha bercokol di atas bumi Nusantara dengan kemajuannya, wa yang telah terlebih dahulu dalam Relief candi candi.

Baca Juga :
RESENSI BUKU DHALANG, WAYANG DAN GAMELAN

Buku Ensiklopedia Wayang-Wayang Nusantara merupakan salah satu buku terbaik untuk mengenal wayang. Sebagai sebuah buku kumpulan pengetahuan tentang wayang, buku ini mengandung banyak informasi tentang wayang di nusantara. Berbagai jenis wayang yang ada di Nusantara, terdokumentasikan dengan baik pada buku ini. 
Sebagai buku kumpulan pengetahuan, buku Ensiklopedia wayang-wayang Nusantara ini dapat dikatakan sangat baik. Beberapa jenis wayang yang terdapat dalam buku ini diantaranya adalah: wayang beber, wayang Purwa, wayang madya, wayang gedog, wayang menak, wayang babad, wayang modern dan Wayang Topeng. Buku ini juga memberikan ilustrasi gambar-gambar wayang yang sesuai dengan tema. Selain itu kelebihan lain dari buku ini adalah, informasi tentang KAA yang dilihat dari berbagai sudut pandang.
Dari sekian banyak kelebihan buku Ensiklopedia wayang-wayang Nusantara ini, tidak berarti buku ini tanpa kekurangan. Salah satu kekurangan yang saya temukan di antaranya adalah: pada jenis-jenis wayang Purwa tidak disebutkan wayang Yogyakarta dan Surakarta, kurangnya informasi mendetail tentang lakon serta minimnya penjelasan tentang pementasan wayang kulit. Namun demikian pada kesimpulannya buku ini tetaplah layak untuk anda baca. Mungkin suatu ketika, Sisi kekurangan dari buku ini dapat disempurnakan oleh sang penulis.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here