JAMBORE GUSDURIAN JAWA TIMUR, UPAYA MENUJU KESETARAAN - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, April 18, 2018

JAMBORE GUSDURIAN JAWA TIMUR, UPAYA MENUJU KESETARAAN


Surabaya, 15 April 2018
Akhir-akhir ini, isu intoleransi dan hoax merajalela. Masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang suatu informasi, menjadi korban dari berita-berita yang tidak benar adanya. Selain itu, ketimpangan sosial dalam masyarakat indonesia masih terus terjadi. 
Gusdurian adalah komunitas bagi mereka yang mencintai dan berkeinginan untuk melanjutkan perjuangan Gus Dur. Cita-cita besar Gus Dur untuk indonesia tidak boleh terhenti. Oleh sebab itu, dengan adanya komunitas Gusdurian, perjuangan dan gagasan-gagasan Gus Dur tersebut terus berlanjut.
Dalam rangka mempertemukan seluruh anggota komunitas jaringan Gusdurian se-jawa Timur, maka presidium wilayah Gusdurian Jawa Timur mengadakan jambore sekaligus rapat koordinasi wilayah. Rapat koordinasi wilayah tersebut dilaksanakan di Pura Segara Anakan Kenjeran, Surabaya pada 13-15 April 2018. 
Pada rapat koordinasi wilayah kali ini, dihadiri oleh perwakilan dari komunitas Gusdurian yang terdapat pada masing-masing kota dan kabupaten se-jawa timur. Pertemuan tersebut di mulai dengan istighosah bersama serta berkenalan antar anggota komunitas.


Baca juga : 


Pada hari Sabtu, komunitas Gusdurian bertemu dengan salah satu sahabat Gus Dur yaitu Kiyai Haji Imam Aziz. Beliau saat ini aktif pada organisasi Nahdlatul Ulama. Beliau termasuk salah satu ketua dalam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. KH Imam Aziz menyampaikan pengalaman-pengalamannya selama bertemu Gus Dur. Selain itu, beliau juga menyampaikan tentang syarat-syarat dari demokrasi. 

Setelah bertemu langsung dengan salah satu Sahabat Gus Dur, rapat koordinasi wilayah dilanjutkan dengan penyampaian perkembangan komunitas dari Sekretariat Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia, yang disampaikan oleh Sahabat Jay. Dalam kesempatan tersebut, disampaikan tentang isu-isu Nasional yang menjadi fokus gerakan dari Jaringan Gusdurian Indonesia. 
Dalam rapat koordinasi wilayah tersebut, forum dibagi menjadi tiga kelompok besar. Kelompok besar tersebut meliputi: bidang penggerak dan kaderisasi, bidang advokasi, serta bidang media sosial. Jalan tiga kelompok besar tersebut, dibahas tentang rencana kegiatan komunitas Gusdurian se-jawa timur selama satu tahun ke depan. Hasil dari rapat koordinasi wilayah tersebut diantaranya adalah:: 1) disampaikannya fokus kegiatan dari masing-masing komunitas di daerah., 2) berkomitmen untuk menangkal berita-berita kebohongan danu jaran kebencian., 3) sultan komitmen bersama untuk tidak membawa nama Gusdurian ke dalam praktek politik praktis. 

Sementara itu, sepanjang hari minggu, dilaksanakan sesi dialog bersama Mbak Alissa Wahid. Yang tidak kalah pentingnya adalah, adanya pemetaan empat dimensi terhadap situasi dan kondisi dalam masyarakat indonesia saat ini. Dari pemetaan tersebut, diketahui jika kondisi sosial masyarakat indonesia saat ini, masih belum ideal. Selain itu, kegiatan jambore Jaringan Gusdurian se-jawa timur tahun ini ditutup dengan seminar media serta pengenalan platform kabarkan.org. platform tersebut bertujuan untuk mengabarkan adanya ujaran kebencian ataupun diskriminasi yang terjadi di lingkungan masyarakat.

1 comment:

Post Top Ad

Responsive Ads Here