Perbedaan Antara Modal Manusia (Human Capital) Dan Modal Sosial (Social Capital) - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, October 11, 2019

Perbedaan Antara Modal Manusia (Human Capital) Dan Modal Sosial (Social Capital)


Pada tulisan sebelumnya, Saya telah menguraikan tentang jenis-jenis modal yang dikenal dalam sosiologi. Pada tulisan tersebut masih menyisakan pertanyaan tentang perbedaan antara modal manusia dan modal sosial. Jika anda ingin membaca tentang jenis-jenis modal yang menjadi bahasan sebelumnya, silahkan klik Di Sini

Model manusia dan modal sosial adalah dua jenis modal yang sama-sama menitikberatkan pada manusia. Meskipun demikian keduanya sebenarnya berbeda. modal sosial berkaitan erat dengan pengalaman seseorang untuk mengelola perusahaan ataupun kemampuan khusus dalam memproduksi barang-barang tertentu. Kemampuan produksi di sini adalah kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh semua orang dan didapatkan dari pengalaman yang mendalam. Untuk dapat dikatakan sebagai modal manusia maka orang tersebut harus menginvestasikan kemampuannya untuk kemajuan perusahaan an-nahl taupun lembaga tertentu. (Usman, 2018:3-4).

Human capital dapat dicapai dengan berbagai hal. Misalnya saja orang-orang dengan pendidikan tinggi, orang-orang yang profesional serta orang-orang dengan kemampuan manajemen yang baik. Jika kemampuan kemampuan tersebut diterapkan, dapat pula disebut sebagai modal manusia. Akan tetapi, jika kemampuan itu tidak diterapkan kan, maka perusahaan atau lembaga yang memperkerjakan orang tersebut put dapat dianggap tidak memiliki modal manusia. 

Modal sosial adalah model yang berkaitan dengan relasi relasi sosial antara seseorang dengan orang yang lain. Seseorang yang memiliki banyak relasi sosial dan kemudian menggunakan relasi sosial tersebut untuk memajukan perusahaan ataupun lembaga tempat dia bekerja ja, maka dapat dikatakan orang tersebut memiliki modal sosial. Sebaliknya, apabila relasi sosial yang dimiliki oleh seseorang tidak digunakan ataupun tidak diinvestasikan untuk kemajuan, maka hal tersebut tidak termasuk modal sosial. 

modal sosial dapat digunakan sebagai sarana untuk memperbesar suatu perusahaan ataupun lembaga masyarakat dalam waktu yang yang yang lebih singkat. hal ini dikarenakan telah adanya relasi-relasi sosial yang terjalin antara masing-masing aktor. Dengan modal sosial yang mempuni, penyebaran dari sebuah inovasi ataupun hal-hal baru lebih mudah dilakukan. Pada tulisan tulisan berikutnya, kita akan mengulas tentang teori-teori modal sosial menurut para pakar. 

salah satu perbedaan yang paling mencolok antara modal manusia dan modal sosial adalah tempat keberadaan keduanya. Model manusia seperti halnya tingkat pendidikan, keahlian khusus, kemampuan manajemen organisasi serta pengalaman dibidang tertentu berada di dalam diri seseorang. Sedangkan modal sosial, yang menitikberatkan pada relasi relasi sosial antara tokoh satu dengan yang lain, berada di luar dari diri manusia. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Untuk keterangan lebih mendalam, silakan telusuri literatur yang tercantum pada daftar pustaka. 

Daftar Pustaka :
Usman, Sunyoto, 2018. Modal Sosial, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

1 comment:

Post Top Ad

Responsive Ads Here