Resensi Buku Sofis - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, October 10, 2019

Resensi Buku Sofis


Penulis            : Plato
Editor                : Muhammad Aswar
Penerbit           : Basabasi
Kota Terbit      : Yogyakarta
Tahun Terbit   : Januari 2019
Tebal               :  136 Halaman
Ukuran             : 14x20 cm
Harga               : Rp54.000,00 

Pernahkah anda mempelajari filsafat? Jika sudah, mungkin buku ini akan menjadi penambah wacana filosofis yang menarik. Terutama tentang pemikiran-pemikiran filsafat Yunani klasik. Bagi Anda yang belum pernah mempelajari filsafat, buku ini akan membawa anda pada pemahaman mendasar tentang filsafat klasik. 

Sebagian orang menganggap bahwa mempelajari filsafat adalah hal yang sangat rumit. Hal tersebut tidaklah sepenuhnya salah, akan tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Buku ini akan mengantarkan Anda pada khazanah pengetahuan filosofis yang menarik dan mendalam. Buku Sofis adalah buku yang tepat bagi para pembaca filsafat di tahap pemula. 

Baca Juga :

Sofis adalah buku karya filsuf terkemuka Yunani yaitu Plato. Buku ini adalah hasil catatan Plato atas diskusi yang berlangsung antara Theaetetus dan orang asing. Theaetetus adalah salah satu murid socrates, sedangkan orang asing adalah murid dari Parmenides. Mereka berdua berdialektika tentang makna filsuf, negarawan dan Sofis. Sungguh pengantar filsafat yang menarik. 

Proses dialektika dalam buku tersebut dibuka dengan diskusi antara Socrates dan Theodorus. Dialektika dimulai antara Theaetetus dan orang asing dengan membahas perburuan hewan-hewan laut. Mereka selanjutnya membagi proses perburuan itu menjadi dua bagian. Dari pembagian tersebut muncul pembagian-pembagian berikutnya. Mereka juga membagi jenis-jenis seni. Serangkaian dialektika panjang terjadi untuk menemukan siapa sebenarnya Sofis. 

Dialektika antara kedua orang tersebut berlangsung sangat seru dan mendetail. Mereka menemukan Sofis di berbagai tempat. Mereka menemukan bahwa Sofis adalah pemburu, pedagang eceran, pedagang dalam jumlah besar, orang yang memproduksi pengetahuan,  seni berdialektika serta di tempat-tempat lain. Menariknya, mereka juga mendialektikakan tentang keberadaan dan ketiadaan. Berbagai pergumulan argumentasi tersaji dengan rapi dan menjanjikan. meskipun buku ini hanya berisi tentang catatan diskusi antara murid Socrates dan murid Parmenides, bukan berarti buku ini berisi hal yang sederhana. Buku ini padat akan pengetahuan filsafat yang sangat memadai untuk dibaca. 

2 comments:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  2. UnikSlot merupakan Situs Slot Online Online Resmi dengan server Slot Pragmatic Habanero Joker Terbaru dan

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here