Katakan Tidak Pada Poligami! - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, September 8, 2018

Katakan Tidak Pada Poligami!

Picture from : resplash

Apa kabar para pembaca. Semoga anda senantiasa memperoleh kebahagiaan yang sejati. Cukup lama saya tidak menulis yang bertema konseling. Hal tersebut dikarenakan banyak aktivitas untuk mengerjakan tugas Skripsi. Nah, kali ini saya akan membahas tentang poligami.
Poligami menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online memiliki arti sistem perkawinan yang memperboleh seseorang memiliki lebih dari seorang istri. Sistem Perkawinan semacam ini dianut oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, sistem perkawinan poligami diizinkan oleh beberapa agama. Salah satu agama yang memperkenankan Poligami adalah agama Islam.
Poligami adalah sistem pernikahan yang sudah ada sejak lama. Bahkan pada zaman dahulu penguasa penguasa penguasa dapat memiliki banyak istri dari puluhan bahkan ratusan. Pada sistem kerajaan di nusantara, Raja memiliki istri utama atau garwo padmi. Dari istri utamanya inilah degenerasi kepemimpinan dilanjutkan. Akan tetapi disamping garwo padmi, Raja memiliki selir yang melimpah ruah.
Setelah adanya Islam di nusantara, angka poligami menjadi terbatas. Sesuai ajaran Islam, seorang laki-laki maksimal dapat memiliki empat orang istri. berbagai kisah tentang poligami banyak peraturan di masyarakat. Ada yang berbahagia, ada pula yang penuh derita. Bagi anda yang berencana berpoligami, baca pertimbangan-pertimbangan berikut.

Baca juga: 
MARI MEMBACA BUKU  LET'S READ THE BOOK

Berikut adalah alasan-alasan mengapa orang melakukan poligami:
  1. Tidak memiliki keturunan. Arah saat ini sering dijadikan alasan utama seseorang melakukan poligami. Mereka melakukan poligami karena dirasa istri pertamanya tidak mampu memberikan keturunan.,
  2. Memiliki harta yang berlimpah. alasan kedua ini juga sering muncul di kalangan masyarakat kita. Karena tercukupinya nafkah istri pertamanya, tidak jarang membuat seseorang berpikiran untuk menolong janda janda yang terlantar dengan jalan dinikahi. Namun demikian pada alasan kedua ini, janda yang dinikahi adalah ganda yang masih berusia muda. Sehingga perlu dipertanyakan ketulusan niatnya.,
  3. Adanya anggapan bahwa ajaran agama tentang poligami harus dilaksanakan. Padahal poligami memiliki syarat-syarat untuk pelaksanaannya, namun syarat-syarat tersebut seakan tak dianggap. ,
  4. Memberdayakan nafsu seksual yang berlebihan. Terkadang muncul sebuah anggapan bahwa dengan melakukan poligami maka mereka yang tidak terjerumus pada perzinahan di tempat tempat pelacuran. Mereka berpikir bahwa dengan menikahi orang yang disukainya, maka itu menjadi hal yang lebih baik baginya. Pertanyaan kritis nya adalah untuk apa mereka melakukan poligami? Untuk ketaatan ataukah hanya sebuah kedok dari limbahan nafsu yang tak dapat ditahan?


Nah, berikut adalah alasan mengapa kita harus menghindari poligami:
  1. Anda tidak akan pernah dapat berbuat adil dengan istri-istri anda. Orang beranggapan bahwa keadilan dapat dicapai dengan kesamaan atau kesetaraan finansial yang diberikan. Akan tetapi, Apakah berkeluarga hanya sebuah permasalahan ekonomi? Bukankah Anda berkeluarga karena adanya tujuan bersama yang telah Anda sepakati berdua? Jika anda menganggap adil di sini hanya dalam konteks financial, Bagaimana jika anda berkedudukan sebagai istri tua dan selalu mendapatkan pandangan sinis dan Muka kusut dari suami? Bukankah jika demikian kemudian muncul sakit hati pada diri Anda? Tentu saja anda sudah berbuat tidak adil.,
  2. Anda memberi contoh buruk kepada anak. Alasan kedua ini dapat muncul apabila ketiga dalam sebuah poligami, anda sebagai laki-laki gagal menerapkan keadilan yang seadil-adilnya. jika istri muda dan anak-anaknya mendapatkan fasilitas dan perlakuan kasih sayang yang lebih banyak, hal tersebut secara lambat laun memberi contoh kepada anak-anak anda dari istri pertama untuk dapat berbuat tidak adil Selama memiliki kelebihan kekuasaan dan kemampuan. Secara tidak langsung, anda sedang menanamkan bibit-bibit permusuhan diantara anak-anak anda dari istri-istri yang berbeda. Jika hal tersebut terjadi, perlakuan apa yang kemungkinan Anda terima di waktu tua? Lebih jauh lagi adalah, Apakah anak-anak anda akan menghormati Anda ketika ajal telah menjemput? Tentu banyak orang dapat membantah pernyataan-pernyataan ini. Akan tetapi coba kita pikirkan ulang segala tindakan yang kurang tepat.
  3. Jika dalam waktu yang lama anda tidak memiliki keturunan, Jangan terburu-buru melakukan poligami dengan alasan mencari keturunan. Ada baiknya anda mengupayakan melalui jalur medis terlebih dahulu. Hal ini untuk membuktikan siapa yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan keturunan. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dan tindakan kurang Adil yang dapat muncul di kemudian hari. Yang pasti adalah, Jangan melakukan poligami di atas penderitaan istri dan keluarga anda.


Kapankah poligami di ijinkan?
  1. Ketika anda telah yakin dan berkomitmen dapat berbuat adil. Yakin dan komitmen dengan ucapan saja tidaklah cukup. Di kemudian hari Anda harus menerima setiap teguran dan masukan dari istri-istri anda. hal ini berguna untuk menjamin keadilan yang anda upayakan dalam kehidupan berkeluarga.,
  2. Ketika anda tidak mendapatkan keturunan dari istri pertama. Akan tetapi poligami bukanlah jalan satu-satunya untuk hidup bahagia. Jika ingin terpaksa harus terjadi, pastikan kesadaran di antara anda dan istri anda akan keputusan poligami.
  3. Ketika istri pertama anda memberi izin secara sukarela. Jangan memaksa istri pertama anda untuk menyetujui poligami yang akan Anda lakukan. Jangan pula melakukan bujuk rayu kepada istri pertama untuk melancarkan rencana poligami yang akan Anda lakukan.

Demikianlah tulisan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan lakukanlah setiap tindakan dengan pertimbangan yang matang. SETIA PADA SATU ORANG LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBRAL NAFSU.
Penulis : Teguh Kasiyanto

1 comment:

  1. Masyaallah mas teguhh...barokallah ...semoga tulisanx bermanfaat...say no to poligami

    ReplyDelete

Post Top Ad

Responsive Ads Here