Resensi buku Ahli Falak Dari Pesantren - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, September 28, 2018

Resensi buku Ahli Falak Dari Pesantren

Penulis : M Solahudin
Penerbit : Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2013
Tebal : viii+112 Halaman
Harga : Rp13.000,ⁿⁿ
Satu lagi buku yang menarik. Buku ini mengisahkan perjalanan hidup tokoh-tokoh besar dari kalangan pesantren. Mereka adalah para Ulama yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu falak.   Ilmu falak disebut juga sebagai ilmu astronomi. Ilmu ini sekarang semakin langka peminatnya. 
Ilmu falak adalah ilmu astronomi yang diwariskan secara turun-temurun. Ilmu tersebut mengalami perkembangan yang sangat pesat di masa kemajuan Islam. Diantara Ulama besar yang menguasai ilmu Falak adalah: Jabir Bin Aflah, Al-Baitami dan Ulama-ulama klasik lainya.


Baca Juga :


Buku yang bagus ini memuat beberapa biografi singkat ulama Islam klasik. Selanjutnya, buku ini juga membahas biografi ulama Nusantara generasi pertengahan. Diantara dari ulama Nusantara generasi pertengahan yang diulas adalah: Kyai Sholeh Darat, Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari, Syaikh Ahmad Khatib Minangkabaui dan lainya
Lebih dari setengah dari buku ini membahas biografi tokoh ilmuwan atau ulama falak dari kalangan pesantren abad 19-20. Buku ini mengulas latar belakang setiap tokoh, perjalanan hidup mereka, kiprah di masyarakat serta karya-karya mereka pada ilmu Falak. Berikut adalah Ulama-ulama Pesantren yang diulas dalam buku ini: Tubagus Muhammad Falak, Syaikh Thahir Jalaluddin Al-Azhar, K.H Ma'shum Ali, K.H Mahfuzh Anwar, K.H Turaihan Akhiri, K.H Muhammad Wardana dan K.H Noor Ahmad. Secara umum, buku ini sangat bagus dibaca bagi orang-orang yang masih awam dengan ilmu falak serta untuk mengenal ilmuwan-ilmuwan dari kalangan pesantren.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here