Al Mawardi Al Ahkam As-Sulthaniyyah Sebuah Tawaran Sistem Kenegaraan Islam (1) - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, November 6, 2018

Al Mawardi Al Ahkam As-Sulthaniyyah Sebuah Tawaran Sistem Kenegaraan Islam (1)


Sumber Gambar : Resplash

Riwayat dan Kondisi Sosial Politik
Imam Al Mawardi hidup pada seperempat terakhir abad ke-4 dan setengah abad ke-5 hijriah. Dialah cendekiawan muslim yang cemerlang dengan konsep kenegaraannya. Jika ditelaah lebih jauh, Imam Al Mawardi hidup pada masa dinasti Abbasiyah mendekati akhir. Pada masa ini, gaya hidup bermewah-mewahan tengah digemari di kalangan khalifah, bangsawan dan gubernur wilayah. Kemiskinan dan kelaparan di lain sisi menggerogoti penduduk dinasti Abbasiyah.
Dinasti Abbasiyah semasa Al Mawardi hidup sedang terjepit. Saat itu sedang ada tiga dinasti yang sedang berebut kekuasaan. Tiga dinasti tersebut adalah: dinasti Fatimiyah di Mesir, dinasti Umayyah II di Andalusia dan dinasti Abbasiyah di Iraq. Kondisi pada masyarakat zaman itu sedang terjadi taqlid buta terhadap imam mazhab yang mereka ikuti. Dalam kondisi dinasti Abbasiyah hal tersebut diperparah dengan gaya hidup yang buruk dalam lingkup pemerintahanya.

Baca juga :
Thomas Hobbes : Negara Monster (Bagian 1)

Al-Mawardi memiliki nama lengkap Abu Al Hasan Ali bin Muhammad bin Habib Al Mawardi. Dia lahir pada 370 Hijriah. Dia belajar di Basrah dan Baghdad. Al Mawardi juga menjadi hakim di beberapa tempat. Diantara guru-guru beliau adalah: 1), Al Hasan bin Ali bin Muhammad Al Jabali.,  2), Muhammad bin Adl bin Zuhar., 3), Ja'far bin Muhammad bin Al Fadhil Al Baghdadi., 4), Abu Al Qaaim Ash Shumairi dan lain-lain. Beliau adalah ulama yang terkenal dengan ketakwaannya. Karya-karyanya meliputi bidang: fiqih, fiqih politik, tafsir, sastra, dan aqidah. Beliau wafat pada tahun 450 hijriyah pada usia 80 tahun. Pujian dari para ulama terhadapnya sangat banyak. Jasa dan karyanya pada dinasti Abbasiyah membuat namanya disegani dan dihormati oleh Khalifah.
BERSAMBUNG!!!!

Referensi:
Al Mawardi, 2014, Al Ahkam As Sulthaniyyah Hukum Hukum Penyelenggaraan Negara dalam Syariat Islam, Terj, Fadli Bahri, Jakarta, Penerbit Buku Islam Kaffah.
As'ad, 1978, Terjemah Fathul Mu'in Jilid 3, Kudus, Menara Kudus

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here