AKULAH MABA SUKSES (Tips Jitu Menjadi MABA) - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, August 28, 2017

AKULAH MABA SUKSES (Tips Jitu Menjadi MABA)

By : Teguh Kasiyanto
Hai Sobat...!!!
Sudahkah kalian membaca hari ini.? Setidaknya kalian sudah membaca tulisan ini. Karena dengan membaca kita akan dapat memandang wajah dunia. Nah sebelum kalian semua membaca tulisan ini, saya informasikan jika tulisan ini dibuat dan diperuntukkan untuk para mahasiswa baru. Bagi kalian yang sudah pernah menjadi mahasiswa baru cukuplah mengenang masa-masa Indah itu. Dan bagi kalian yang masih akan menjadi mahasiswa baru, ada baiknya membaca tulisan ini. Garena akan banyak manfaat dari membaca tulisan ini.
MABA adalah sebutan bagi mereka yang baru merasakan kehidupan sebagai mahasiswa. Mereka adalah remaja-remaja yang mengalami masa transisi dari masa kehidupan SMA menuju kehidupan kampus yang jauh berbeda dengan kebutuhan SMA. Pada saat menjadi mahasiswa baru biasanya seseorang merasa sedang dalam posisi yang wah. Biasanya mereka akan merasa bangga berlebihan terhadap status baru yang disandangnya.
Ciri yang paling mencolok seorang mahasiswa baru adalah, mereka akan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan atau program studi yang mereka pilih. Mereka akan berlomba-lomba untuk menjadi orang yang paling baik tentang hal itu. Mahasiswa baru akan sangat aktif bertanya kepada orang-orang yang mereka anggap lebih tahu tentang jurusan yang ia pilih. Oleh sebab itu, mereka akan sangat reaktif terhadap berbagai informasi yang diterimanya.
Saat kalian menjadi seorang mahasiswa baru, nilai akademis yang tinggi menjadi salah satu idaman yang harus dicapai dalam semester awal. Mereka akan terkagum kala bertemu dengan kakak kakak tingkat mereka yang memiliki indeks prestasi kumulatif di atas 3. Bagi mereka nilai yang baik menjadi suatu keharusan untuk diraih. Nah, Bagaimanakah cara untuk menjadi mahasiswa baru yang baik dan benar.? Bagaimana pula cara agar Mega mendapatkan nilai yang memuaskan pada semester awal.? Cara-cara berikut dapat membantumu untuk menjawab dan meraih pertanyaan di atas. Cara-cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
Pertama, sadarlah jika status mahasiswa baru bukanlah hal yang patut dibanggakan, apalagi secara berlebihan. Lihatlah kakak-kakak angkatan kalian yang sudah lebih lama menjadi mahasiswa. Mereka justru kebingungan dalam menyelesaikan berbagai tugas kuliah. Oleh karena itu, menjadi mahasiswa baru haruslah bersiap-siap dengan segala tugas-tugas kuliah. Jangan terlena dengan status mahasiswa.
Kedua, janganlah lupa untuk bersyukur. Lihatlah teman-teman anda yang gagal menjadi mahasiswa. Bersyukurlah dan janganlah bertindak berlebihan. Karena bertindak yang berlebihan tidak mencerminkan sikap seorang akademisi.
Ketiga, janganlah terlena karena perubahan pola belajar yang terjadi. Seperti yang kita tahu, jam belajar antara murid-murid SMA dengan jam belajar mahasiswa. Saat masih menjadi murid di sekolah menengah atas, tentu kita terbiasa dengan pola belajar masuk pagi dan pulang ke rumah di sore hari. Akan tetapi dalam dunia perkuliahan, hal yang demikian tidak terjadi. Antara satu mata kuliah dengan mata kuliah yang lain terkadang terdapat waktu jeda yang begitu lebar. Sehingga membuat kita berlama-lama di kos hingga lupa waktu. Dalam fase menjadi seorang mahasiswa baru, menjaga kedisiplinan waktu adalah hal yang sangatlah penting. Karena dengan disiplin terhadap waktu, maka kita tidak akan tercecer dalam mengikuti seluruh perkuliahan.
Keempat, biasakanlah dirimu untuk selalu membaca. Membaca merupakan hal yang sangat wajib dilakukan bagi seorang mahasiswa. Karena dengan membaca buku-buku referensi perkuliahan akan dapat menunjang proses pembelajaran yang dialaminya. Selain itu dengan semakin banyak membaca, akan membuat kita semakin banyak tahu tentang berbagai macam pengetahuan.
Kelima, Jangan hanya mengandalkan proses perkuliahan. Meskipun tujuanmu untuk memperkaya dirimu dengan ilmu dengan berkuliah di sebuah perguruan tinggi, namun sebenarnya hanya mengandalkan kuliah bukanlah hal yang tepat. Proses perkuliahan kurang lebih hanya akan mengajarkanmu 30%dari apa yang kamu butuhkan. Selebihnya kamu harus menggalinya sendiri dengan berbagai kegiatan yang tersedia di sekitarmu. Banyak cara untuk menyempurnakan target yang ingin kamu capai. Kamu bisa mengikuti berbagai macam unit kegiatan mahasiswa sesuai bakat dan minat yang ada pada dirimu. Selain itu juga kamu dapat mengikuti berbagai macam organisasi diluar kampus yang positif. Dengan mengikuti berbagai macam organisasi maka kamu akan mengalami penampakan diri yang cukup.
Keenam, Pilihlah teman yang tepat. Dalam menjalani kehidupan akademis, teman merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung bahkan menghambat proses perkuliahan yang kamu jalani. Jika kamu tidak terbiasa bergaul dengan berbagai macam tipologi teman, maka Carilah teman yang benar-benar sesuai dengan tipologi yang kamu pahami. Karena dengan teman yang tepat kamu dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dengan cepat. Akan tetapi jika kamu seorang yang terbuka dengan berbagai macam tipologi teman, maka itu akan lebih baik. Karena dengan demikian kamu akan semakin kaya dengan pengetahuan dan pengalaman. Namun pada intinya kamu harus pandai-pandai menyeleksi setiap tindakan dari teman-temanmu.
Ketujuh, untuk memperoleh indeks prestasi di atas 3, tidak diperlukan orang yang sangat cerdas. Akan tetapi yang diperlukan adalah orang-orang yang memiliki kemauan untuk mengerjakan seluruh tugas perkuliahan dengan baik. Hindarilah membolos dari perkuliahan. Jalanilah berbagai kegiatan positif yang dapat menunjang pengetahuan akademismu.
Kedelapan, Pahamilah karakter dari masing-masing dosenmu. Berbeda dengan guru guru sekolah menengah atas, dosen memiliki kebiasaan tersendiri dan kriteria yang berbeda-beda dalam memberikan penilaian. Oleh sebab itu memahami kriteria dari masing-masing dosen adalah hal yang penting untuk dilakukan. Karena dengan demikian kita dapat menyesuaikan tugas-tugas yang diberikan sesuai kriteria dosen tersebut. Dan tentu saja jika semua tugas yang Anda lakukan dan anda kerjakan sesuai dengan kriteria masing-masing dosen, maka nilai A bukanlah hal yang sulit untuk diperoleh.
Kesembilan, jagalah motivasimu. Motivasi adalah pendorong yang kuat bagi seseorang untuk melakukan ataupun tidak melakukan sesuatu. Dengan tetap terpeliharanya motivasi untuk berkuliah, maka keseriusan untuk belajar akan tetap ada. Tetapi saat dirimu kehilangan motivasi, naga gairah untuk belajar dan mencapai nilai yang sempurna akan sangat sulit diperoleh.
Kesembilan cara-cara diatas bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan anda. Akan tetapi cara-cara tersebut hanyalah sebuah gambaran umum dari refleksi beberapa orang yang pernah saya jumpai. Semoga 09.00 cara tersebut, dapat mengantarmu menuju terwujudnya berbagai macam cita-cita.

1 comment:

Post Top Ad

Responsive Ads Here