AYO BERORMEK (Tips Menjadi Mahasiswa Luar Biasa) - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, August 30, 2017

AYO BERORMEK (Tips Menjadi Mahasiswa Luar Biasa)

By : Teguh Kasiyanto
Hai Sobat...!!!
Bagaimanakah kabar kalian di hari ini.? Semoga baik-baik saja dan masih menyimpan semangat luar biasa untuk menggapai cita-cita. Sebelum lanjut membaca tulisan ini, tulisan ini diperuntukkan khusus bagi mahasiswa yang mempunyai keinginan untuk menjadi luar biasa. Tapi bagi kamu yang terlalu berfikir negatif dari judul tulisan ini, ada baiknya tetap membaca hingga usai. Barangkali dengan membaca tulisan ini dapat menambah pemahamanmu tentang hidup sebagai mahasiswa BERORMEK.
Sebelum melanjutkan untuk membaca tulisan ini, tahukah kamu apakah ORMEK itu.? ORMEK adalah organisasi organisasi ekstra kampus. Organisasi ini berdiri sendiri secara mandiri dan terpisah dari struktur kampus. Walaupun di masing-masing kampus sudah terdapat unit kegiatan mahasiswa yang berusaha mewadahi segala bakat dan minat dari mahasiswa, namun unit kegiatan mahasiswa tersebut tidak akan sepenuhnya memberikanmu pengetahuan dan gambaran nyata mengenai kehidupan bermasyarakat.
Saat masih menjadi mahasiswa baru, ajakan ajakan untuk ikut bergabung dengan organisasi ekstra kampus sangatlah banyak dan melimpah-limpah. Namun hal ini juga diimbangi dengan banyaknya pengaruh dan banyaknya kabar burung yang menyatakan bahwa berorganisasi ekstra kamous itu menyesatkan dan tidak menjanjikan. Berbagai omongan miring seputar organisasi ekstra kampus berseliweran, terutama ditelinga mahasiswa baru. Berbagai macam hujatan ditujukan pada seluruh organisasi ekstra kampus, mulai dari partai kepentingan hingga pembatas pergaulan. Bahkan juga muncul isu jika dengan berorganisasi ekstra kampus dapat merusak solidaritas angkatan di masing-masing jurusan dan program studi.
Sebelum kita melanjutkan pembahasan pada alasan alasan mengapa harus mengikuti organisasi ekstra kampus, Mari kita luruskan dari fakta-fakta yang bengkok tentang organisasi ekstra kampus. Pertama, adanya obrolan jika organisasi ekstra kampus itu menyesatkan. Mari kita buktikan dan kita ulas lebih jeli dan mendalam. Mari kita asah seberapa kuat Nalar berfikir kita dalam menerima berbagai pernyataan.
Pertama, Jika kamu menyatakan bahwa organisasi ekstra itu menyesatkan, hitunglah Berapa banyak organisasi ekstra kampus yang hingga saat ini masih eksis. Carilah juga data, Jika pemerintah Republik Indonesia secara resmi melarang adanya organisasi ekstra kampus. Sudahkah kamu temukan datanya.? Jika yang kamu anggap sesat dengan ikut serta dalam organisasi ekstra kampus karena alasan kesesatan agama, hitunglah juga berapa banyak organisasi kampus yang secara kultur terikat dengan organisasi kemasyarakatan yang bersifat keagamaan. Tak sedikit dari mereka, yang terafiliasi dengan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Hindu, Buddha, dan agama-agama lain yang sudah diterima secara resmi keberadaannya di Indonesia. Sebagai contoh konkrit, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII, secara culture sangat terikat dengan kultur kultur yang ada pada Nahdlatul Ulama. Apakah mereka sesat.? Berfikirlah Merdeka dengan pikiran yang jernih.
Kedua, pernyataan tentang bahwa mengikuti organisasi ekstra kampus itu tidak menjanjikan. Apakah yang salah dari pernyataan ini.? Jika kamu menganggap dengan mengikuti organisasi ekstra kampus, kamu akan dapat memperoleh sesuatu, Misalnya saja uang ataupun jabatan. Maka dengan Terus terang saya nyatakan pernyataan ini benar. Mengapa demikian.? Karena organisasi ekstra kampus tidak menjanjikan kepada setiap anggotanya untuk memperoleh sesuatu. Karena setiap organisasi ekstra kampus hanya menawarkan proses supaya setiap anggotanya dapat mencapai cita-cita yang ia impikan. Akan tetapi jika yang dimaksud dengan tidak menjanjikan adalah tidak mendapatkan sesuatu sama sekali, Itu adalah sebuah kesalahan besar. Karena dengan mengikuti organisasi ekstra kampus kamu akan dapat berbagai macam pengetahuan yang tidak dapat ditemukan dalam dunia perkuliahan.
Ketiga dengan mengikuti organisasi ekstra kampus dituduhkan dapat membatasi pergaulan. Ini adalah pernyataan yang paling aneh menurut saya. Karena organisasi ekstra kampus memiliki jaringan yang lebih luas dibandingkan hidup sebagai mahasiswa biasa. Organisasi ekstra kampus menyebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dari yang perguruan tinggi negeri hingga perguruan tinggi swasta organisasi ekstra kampus tetap ada. Lantas Bukankah hal ini justru menambah daya jangkau persahabatannmu.? Apakah ini yang kamu maksud membatasi pergaulan.? Berfikirlah dengan jernih dan cerdas.
Keempat, adanya pernyataan jika dingin mengikuti organisasi ekstra kampus akan memecah belah solidaritas kelas bahkan angkatan pada jurusan maupun program studi tertentu. Maka, untuk mengetahui kebenaran tentang pernyataan tersebut Jawablah dan Renungkanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini: Apakah kamu dapat mempertanggungjawabkan pernyataan tersebut.? Apakah pernyataan yang kamu lontarkan benar-benar kamu ketahui.? Apakah benar organisasi ekstra itu mengajarkan perusakan terhadap Solidaritas.? Apakah benar setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh sahabat-sahabat di organisasi ekstra kampus dinilai berkepentingan.? Nah, kalau kalian sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik dan dengan kejernihan pola pikir, resapilah pernyataan berikut: jika dengan pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu hanya dapat menjawab dengan kata POKOKNYA, maka kamu bukanlah seorang akademisi. Kata-kata pokoknya menunjukkan jika Sebenarnya kamu adalah orang yang egois. Pada hari proses perkuliahan yang kita jalani mengajarkan pola berfikir dan pola hidup yang akademis. Apakah organisasi ekstra itu benar-benar merusak solidaritas seperti yang dituduhkan.? Tentu tidak, hingga saat ini tidak ada catatan maupun laporan yang menyebabkan adanya organisasi ekstra kampus merusak kehidupan akademis kampus. Justru organisasi ekstra kampus menopang kehidupan akademis kampus. Masalah berbuat baik yang dinilai kepentingan, Apakah sebelum berbuat baik mereka yang mengikuti organisasi ekstra dengan serta-merta menanyakan organisasi ekstra yang diikuti oleh orang-orang yang ditolongnya.? Jika tidak, maka pernyataan perbuatan baik yang dilakukan dianggap penuh kepentingan telah gugur dengan sendirinya.
Nah, itulah beberapa fakta bengkok yang wajib kita luruskan keberadaannya. Karena jika kita biarkan kesalahan berlangsung, maka berarti kita telah melakukan pembiaran terhadap kesalahan pengetahuan. Setelah kita mengetahui beberapa pernyataan yang termasuk kurang faktual, selanjutnya saya akan memberikan beberapa alasan mengapa seorang mahasiswa harus atau sangat disarankan untuk mengikuti organisasi ekstra kampus. Alasan-alasan tersebut meliputi beberapa hal sebagai berikut:
Alasan pertama, alasan pertama yang membuat kamu sangat disarankan mengikuti organisasi ekstra adalah banyaknya ilmu pengetahuan baru yang dapat kamu peroleh. Pengetahuan baru tersebut tidak hanya terbatas pada ilmu yang kamu dalami di bangku perkuliahan. Akan tetapi kamu akan mendapatkan ilmu multidisipliner. Tentu saja ilmu ilmu tersebut tidak akan kamu jumpai pada bangku kuliahmu.
  1. Alasan kedua, kamu akan memperoleh banyak teman-teman baru. Dan teman-teman baru yang kamu peroleh tidak terbatas pada tingkatan program studi dan fakultas yang kamu tempati. Akan tetapi teman-teman baru yang kamu peroleh dapat berasal dari kampus yang berbeda bahkan pulau yang berbeda pula. Bayangkan Jika kamu hanya seorang mahasiswa yang hanya bisa kuliah pulang kuliah pulang, Mana mungkin kamu akan mendapatkan sahabat-sahabat seperti mereka.?
Alasan ketiga, alasan berikut yang membuat kamu harus mengikuti organisasi ekstra kampus adalah memperoleh keterampilan tambahan. Misalnya saja, kamu akan dapat belajar menjadi panitia yang baik. Belajar berorganisasi dengan baik. Belajar bagaimana caranya manajemen organisasi. Hal-hal semacam ini akan sangat berguna dan bermanfaat saat kamu sudah terjun ke dalam masyarakat.
Alasan keempat, dapat belajar berdiskusi. Alasan ini saya kira dapat sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Karena sebagai mahasiswa kita tidak hanya dituntut untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dan juga bersantai-santai dengan menghabiskan waktu secara percuma. Tetapi dengan pembiasaan diskusi, makan alam pikiranmu akan lebih terbuka dan dapat berfikir kritis terhadap berbagai macam fenomena yang terjadi saat ini.
Alasan kelima, ilmumu lebih berkah dan bermanfaat. Ikut serta dalam sebuah organisasi ekstra mahasiswa, kita tidak hanya diharuskan cerdas secara individu-individu yang dapat berdiri sendiri. Namun juga kita diharuskan menularkan setiap pengetahuan dan ilmu yang telah kita dapatkan kepada sahabat-sahabat kita dan juga adik-adik kita. Karena dengan adanya proses mencerdaskan sahabat-sahabat kita, maka kita dapat meraih kebahagiaan dan kesuksesan secara bersama-sama.
Itulah lima alasan mengapa seorang mahasiswa harus mengikuti organisasi ekstra kampus. 5 alasan tersebut dirasa kurang olehmu, maka bergabunglah dengan organisasi ekstra kampus yang benar benar sesuai dan kompetibel. Carilah organisasi kampus yang dapat menyesuaikan antara kehidupan akademismu dan kehidupan religiusmu. Bergabunglah dan temukan alasan keenam Mengapa harus BERORMEK...!!!

3 comments:

Post Top Ad

Responsive Ads Here