HARI UNTUK MEMBELI HEWAN TERNAK DAN PRHITUNGANYA - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, November 12, 2017

HARI UNTUK MEMBELI HEWAN TERNAK DAN PRHITUNGANYA

By : Teguh Kasiyanto

Wilujeng Sedere'Primbon
Pada tulisan kali ini, kita akan mengulas tentang hitungan-hitungan dalam membeli seekor ternak. Membeli ternak yang dimaksud disini adalah sejenis sapi, kambing, kuda, domba dan yang lainnya. Kalau kita pergi ke pasar hewan, pasti transaksi jual beli binatang ternak tersebut selalu terjadi, tanpa harus mencari tahu apakah hari baik ataukah kurang baik. Sehingga banyak pula orang-orang yang membeli ternak tanpa memperhitungkan dampak dan kemungkinan yang akan terjadi.

Apakah hal tersebut buruk.? Tentu saja tidak. Setiap orang mempunyai alasannya masing-masing dalam melakukan berbagai aktivitasnya. Akan tetapi, perlu diketahui jika sebenarnya dalam membeli ternak pun ada perhitungannya. Perhitungan tersebut melambangkan mana ya hari baik untuk memberi ternak juga dampak yang akan muncul dari membeli sebuah ternak di hari tertentu.

Dalam membeli seekor ternak, ada baiknya memperhitungkan dengan matang segala kemungkinannya. Karena, kita tahu jika orang yang membeli seekor ternak, pasti dia berniat merawat dan mencari keuntungan dari ternak yang dibelinya. Maka sebelum berbagai dampak buruk muncul, ada baiknya berusaha untuk melakukan yang terbaik. Hitungan dalam memberi ternak adalah sebagai berikut:
  1. Suku,
  2. Watu, 
  3. Gajah,
  4. Buto,
  5. Ratu
Kelima hitungan tersebut adalah hitungan untuk membeli ternak. Cara untuk menghitungnya adalah dengan menjumlahkan isi hari dan pasaran. Misalnya, kita akan membeli sapi di hari Ahad Wage. Maka terlebih dahulu kita hitung jumlah antara ahad dan Wage yaitu 5 dan 4 totalnya 9. Kemudian mulailah dihitung dari hitungan pertama hingga terakhir dan kembali lagi dari awal hingga sampai pada angka 9. Berdasarkan hitungan tersebut maka yang jatuh di angka sembilan adalah Buto. Ini berarti baik bagi ternak tersebut. Hitungan yang baik untuk memberi ternak jatuh pada Buto dan Ratu.

Baca juga:

Perhatian...!!!

Tulisan ini tidak bermaksud menyebarkan ajaran atau konten-konten menyesatkan. Akan tetapi sudah mulai hilangnya kepedulian generasi muda pada sekian banyaknya budaya dan sistem perhitungan Jawa, maka tulisan ini menjadi penting. Yakni menjaga kelestarian ilmu dan pengetahuan Jawa yang sangat luas dan tak terkira. Semoga bermanfaat.


Sumber :

Sumber : Kitab Primbon Betaljemur Adammakna No 302 (Edisi Bahasa Indonesia)
Penulis : Kanjeng Pangeran Haryo Tjakraningrat
Penerbit : CV BUANA RAYA

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here