RESENSI BUKU ENSIKLOPEDIA WAYANG - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, November 23, 2017

RESENSI BUKU ENSIKLOPEDIA WAYANG

By : Teguh Kasiyanto

Penulis          : Drs, R Soetarno AK
Penerbit        : Dahana Prize
Tebal             : 312 Halaman
Ukuran          : 14x21 cm
Harga             : Rp70.000,00




         Buku Ensiklopedia wayang ini merupakan salah satu buku yang membahas luasnya Jagad pewayangan. Buku Ensiklopedia ini berisi tokoh-tokoh pewayangan terutama wayang kulit atau yang lebih dikenal sebagai Ringgit Purwa. Seperti penulisan pada ensiklopedia umumnya, buku ini mengurutkan nama dari tokoh-tokoh pewayangan dari A hingga Y. Buku ini juga adalah salah satu buku yang langka. 
         Buku ini adalah buku yang unik. Buku ini adalah buku yang unik. Buku ini menyajikan setiap tokoh-tokoh dalam pewayangan dengan urutan yang teliti dan terinci. Pembaca dapat secara mudah menemukan keterangan tentang tokoh pewayangan yang dicari ataupun difavoritkan. Pembaca hanya perlu membaca petunjuk penggunaan ensiklopedia tersebut yang terdapat di bagian awal.
         Buku ini sangat mudah dibaca dan dipahami. Setiap tokoh yang disajikan diberikan juga gambar dari tokoh pewayangan tersebut. Selain itu, setiap tokoh yang disajikan juga dijelaskan di lakon-lakon apa saja tokoh ini dominan dan dipertunjukkan dalam pertunjukan wayang.
         Buku ini memang membahas banyak sekali tokoh pewayangan. Akan tetapi, keterangan yang disajikan dari masing-masing tokoh pewayangan, masih sangat minim. Apalagi jika kita bandingkan dengan salah satu karya dari Benedict Anderson yang membahas tentang mitologi Jawa. Data yang disajikan masih sangat minim. Sapi, di balik kekurangan dari buku ini, dapat saya nyatakan jika buku ini sebenarnya sangat layak dibaca. Keterangan-keterangan yang ada di dalamnya cukup lengkap, meskipun kurang mendalam. Bagi Anda yang memiliki kecintaan pada budaya dan pelestariannya, buku ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here