KELUARGA TKI HEBAT Tips Menjadi Keluarga TKI Bahagia - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, September 12, 2017

KELUARGA TKI HEBAT Tips Menjadi Keluarga TKI Bahagia

By : Teguh Kasiyanto
Hai Sobat...!!!
Apa kabar kamu sekalian.? Semoga senantiasa mendapatkan kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa. Tak lupa para pahlawan devisa dimana pun berada, semoga senantiasa sehat dan berpenghasilan melimpah. Saya berinisiatif menulis ini karena decak kagum pada pahlawan devisa yang tanpa lelah bekerja keras. Selain itu, karena banyak orang-orang dari daerah saya yang mengadu nasib ke negeri orang dengan penuh harapan.
TKI atau yang lebih kita kenal dengan Tenaga Kerja Indonesia adalah orang-orang yang rela meninggalkan kampung halaman hanya demi secerca harapan di masa mendatang. Hidup di Indonesia sebenarnya kita tak tidak mengalami keterbatasan sumber daya alam. Sumber daya alam kita sangat melimpah ruah. Tengok saja, Papua yang perutnya selalu dibedah untuk dijarah emasnya. Belum lagi lautnya yang selalu dipenuhi jaring-jaring nelayan untuk mengumpulkan ikan yang tak kunjung habis. Namun, dengan minimnya sumber daya manusia, potensi alam yang melimpah, masih belum mampu memakmurkan rakyat kita.
Selain kurangnya sumber daya manusia, sulitnya mendapatkan pekerjaan di kampung halaman juga menjadi pendorong bagi saudara-saudara kita untuk memberanikan diri pergi ke negeri orang. Sebenarnya kebanyakan dari mereka memiliki keterbatasan dalam hal penguasaan bahasa. Namun dengan adanya beban hidup yang berat, mereka dengan nekat memberanikan diri untuk tetap berangkat. Menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri bukanlah hal yang mudah dijalani. Berbagai macam kendala harus mereka hadapi untuk mencapai tujuan di awal.
Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh saudara-saudara kita, sahabat-sahabat kita yang menjadi tenaga kerja di luar negeri tersebut sangat beragam. Namun tentunya dengan pembekalan yang cukup sebelum proses keberangkatan, dapat memudahkan mereka untuk bekerja dan berkomunikasi dengan baik. Berbagai macam kendala internal lambat laun juga menggerogoti para tenaga kerja Indonesia ini. Bagaimana tidak, mereka terpaksa berpisah dengan anak, suami, istri, orang tua bahkan mereka yang masih menjalani masa-masa pacaran ataupun pertunangan, dipaksa menahan rindu dari jarak jauh.
Coba anda bayangkan, betapa tidak enaknya hidup terpisah jauh dari orang-orang yang dikasihi mereka. Di perantauan nan Jauh di sana, mereka meringkuk dalam kesepian. Mereka tidak dapat meluapkan rasa rindu yang teramat kuat pada keluarga. Alangkah banyaknya duka menjadi TKI. Namun baik yang menjadi TKI maupun keluarganya di rumah, harus sama-sama berjuang mewujudkan keinginan mereka.
Tips-tips menjadi Keluarga TKI Bahagia adalah sebagai berikut:
Pertama, jangan bergantung sepenuhnya pada keluarga kita yang bekerja sebagai TKI. Ini adalah kesalahan yang biasanya dilakukan oleh keluarga TKI di kampung halaman. Setiap butuh sesuatu selalu telpon anggota keluarga yang bekerja sebagai TKI. Mereka menganggap pasti keluarga mereka yang bekerja punya banyak uang. Padahal belum tentu mereka punya uang. Bisa jadi mereka belum gajian. Kadang para TKI terpaksa berhutang agar bisa berkirim uang ke kampung halaman. Berawal dari seringnya ditelpon untuk dimintai uang, justru membuat TKI tertekan. Oleh sebab itu, keluarga di kampung halaman harus sadar diri. Mereka harus pula berusaha. Jika mendapat kiriman uang, gunakanlah sebijak mungkin.
Kedua, keluarga yang di kampung halaman harus dapat menejemen keuangan. Beberapa orang memandang, alangkah enaknya memiliki anggota keluarga yang bekerja sebagai TKI. Tetangga tetangga di sekitar sering menyaksikan keluarga keluarga TKI tersebut membelanjakan uang hasil jerih payah para TKI dengan sembarangan. Pola hidup mereka berubah Tak lagi seperti sebelumnya. Semua yang sedang tren di waktu itu mereka beli. Padahal menjadi TKI Bukanlah selama-lamanya. Akan tetapi bekerja sebagai TKI hanya beberapa tahun saja. Sebagai keluarga yang hidup untuk masa depan bukan untuk masa kini, harus sebijak mungkin mengelola keuangan. Mereka yang tinggal di kampung halaman harus berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri. Sedangkan uang hasil jerih payah dari para TKI harus mereka tabung untuk kemapanan di kemudian hari.,
Ketiga, bagi kamu yang bapak atau ibumu bekerja diluar negeri, janganlah sampai salah pergaulan. Di perkampungan perkampungan yang warganya bekerja sebagai TKI, biasanya anak-anak mereka bergaul dengan siapa saja tanpa adanya pengawasan yang memadai oleh keluarga terdekat. Secara finansial, anak-anak Tenaga Kerja Indonesia ini kentu mendapatkan uang orang tua mereka, entah sebulan sekali atau 2 bulan sekali. Jika mereka bergaul dengan orang-orang yang tepat, maka uang tersebut akan dipergunakan dengan sebaik mungkin. Entah untuk membayar sekolah, mencukupi beberapa kebutuhan, dan terkadang juga digunakan untuk membeli kendaraan. Tapi bagi yang salah pergaulan, uang tersebut sering disalahgunakan untuk berfoya-foya dan mengkonsumsi obat-obatan Terlarang. Sebagai anak yang baik, perlakukan pula setiap pemberian orang tuamu dengan sebaik-baiknya. Tingkatkanlah prestasimu, perbaiki tingkah lakumu. Karena hal-hal yang demikian adalah bentuk Bakti kepada orang tua.
Keempat, kabarilah mereka kondisi kampung halaman. Hidup jauh dari kampung halaman, tentu akan membuat para tenaga kerja Indonesia ini menjadi sangat merindukan tempat tinggalnya. Karena dapat dimaklumi, mereka terpisah dengan keluarga mereka dalam rentang waktu yang lama. Sebagai keluarganya yang baik, hal yang harus dilakukan adalah memberikan perkembangan tentang kampung halaman kepada mereka. Saat mereka menelpon ataupun sekedar melalui pesan instan, kabari lah mereka tentang kampung halaman. Perasaan rindu akan kampung halaman tersebut, akan memberi dampak positif kepada para pekerja. Diantara dampaknya adalah, mereka akan bekerja secara sungguh-sungguh dan menghindarkan diri dari segala perbuatan yang tidak semestinya.,
Kelima, jagalah kesetiaan. Nah, Kesetiaan adalah hal yang tetap wajib untuk dipelihara sekalipun baik anda maupun istri anda terpisah oleh jarak yang begitu jauh. Jika kita mengamati orang-orang di sekitar kita, Sudah berapa banyak orang yang berpisah karena suaminya, istrinya ataupun bahkan pacarnya sedang bekerja di luar negeri. Banyak diantara mereka juga yang menjalani perselingkuhan. Mereka menganggap cara akan menutupi segala perbuatan buruk. Padahal kesetiaan harus tetap dipelihara sebagai wujud komitmen anda mencintai dia. Ada juga kasus istri yang ditinggal atau suami yang ditinggal menghambur-hamburkan uang pasangannya untuk berselingkuh. Padahal uang tersebut didapat dengan kerja keras di negeri orang. Sadarlah jika perbuatan itu salah. Jagalah cinta anda. Jangan berhianat. Ingatlah pasangan anda yang setia menantimu waktu perjumpaan dengan anda.
Keenam, jangan lupa untuk mendoakan mereka. Doa adalah hal yang penting untuk para TKI. Bagi yang mempercayai pengaruh positif dari sebuah doa, jangan lupa untuk selalu mendoakan mereka. Doa adalah unsur yang tergolong gaib. Karena yang menjadi penentu sampai dan tidaknya sebuah doa adalah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Doakanlah mereka sebaik mungkin. Karena, kita sebagai anggota keluarganya hanya dapat memotivasi mereka dengan doa tak kunjung putus.


  • Nah, itulah beberapa tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca, terutama untuk Tenaga Kerja Indonesia dan keluarganya. Dan janganlah kita menyepelekan keluarga TKI. Karena TKI adalah orang-orang yang berjasa bagi Negara kita. Good luck....!!!!!

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here