WATAK HARI - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, September 19, 2017

WATAK HARI


  • By : Teguh Kasiyanto

Sumber : Betaljemur Adammakna.
Penulis : Kanjeng Pangeran Haryo Tjakraningrat
Penerbit : CV BUANA RAYA
Wilujeng sedere' Primbon.
Dalam melakukan berbagai aktivitas, terkadang kita memiliki sebuah keragu-raguan. Apakah aktivitas ataupun kegiatan yang kita lakukan dapat berjalan maksimal atau justru tidak menghasilkan apa-apa. Begitu pula saat kita bepergian. Terkadang kita juga melakukan apakah hari ini cukup baik untuk kita melakukan sebuah perjalanan yang jauh. Para pujangga Jawa, telah Menuliskan beberapa petunjuk mengenai hari dan wataknya. Yang nantinya di setiap hari tersebut memiliki dampak bagi kegiatan penting kita. Namun seperti yang kita yakini bahwa di dunia ini tidak ada hari yang buruk, Oleh sebab itu cukup bagi kita untuk mengetahui dan semakin berhati-hati dalam berbagai aktivitas penting. Dan yang terpenting adalah jangan membelokkan keyakinan Anda pada Tuhan kepada perhitungan. Tuhanlah Yang Maha Mengetahui dan Maha Tahu atas segala apa yang kita lakukan. Hitungan hanyalah sarana atau alat bagi kita untuk mencapai sebuah tujuan. Hitungan bukanlah segalanya. Yang terpenting adalah kita tetap berusaha dengan maksimal untuk mencapai tujuan dan cita-cita.
Nah, berikut adalah matahari beserta dampaknya:

HARI
WATAK
DAMPAK

Ahad
Uriping Jagad
Baik

Senin
Mlumpat
Kurang baik

Selasa
Babagan pati
Sangat jelek

Rabu
Uriping Roh
Baik

Kamis
Purbaning Roh
Baik

Jum'at
Rasa tunggal
Baik

Sabtu
Dalaning pati
Sangat jelek


Catatan :
Jika anda hendak melakukan berbagai macam kegiatan yang Anda anggap penting dan memiliki dampak yang besar bagi anda, ada baiknya sesuatu itu dimulai pada hari Ahad, Rabu, Kamis atau Jum'at.

Perhatian...!!!

  1. Tulisan ini tidak bermaksud menyebarkan ajaran atau konten-konten menyesatkan. Akan tetapi sudah mulai hilangnya kepedulian generasi muda pada sekian banyaknya budaya dan sistem perhitungan Jawa, maka tulisan ini menjadi penting. Yakni menjaga kelestarian ilmu dan pengetahuan Jawa yang sangat luas dan tak terkira.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here