RESENSI BUKU MITOS & ;LEGENDA CHINA (Kumpulan Kisah Fantasis dan Rahasia di Baliknya) - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, January 5, 2018

RESENSI BUKU MITOS & ;LEGENDA CHINA (Kumpulan Kisah Fantasis dan Rahasia di Baliknya)

By : Teguh Kasiyanto

Penulis          : E.T.C. Werner
Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Februari - 2008
Tebal             : 442 Halaman
Ukuran          : 15x23 cm
Harga             : Rp115.000,00 di Gramedia
ISBN.              : 978-979-22-3497-8


Buku mitos dan legenda Cina ini adalah salah satu buku yang membahas tentang mitologi Cina secara komprehensif. Buku ini dilengkapi ilustrasi pada beberapa bagian di dalamnya. Buku setebal 442 halaman ini terbagi ke dalam 16 bab. Di dalam buku ini dibahas tentang segala mitos dan kepercayaan masyarakat Cina, dari sejarah hingga masa kini.
Bab pertama dari buku ini membahas tentang sosiologi masyarakat Cina. Pada bab pertama tersebut, dibahas mengenai asal muasal nenek moyang dari orang-orang Cina serta teori ras orang Cina. Selain itu, pada bab pertama ini juga dibahas tentang perkawinan orang-orang Cina dari masa awal hingga masa pertengahan, kesenian, perpolitikan penguburan hingga budaya-budaya mereka.

Pada bab kedua buku ini, dibahas tentang mitologi Cina. Pembahasan pada bab kedua ini lebih mendalam jika dibandingkan dengan pembahasan pada bab pertama. Pembahasan pada bab kedua ini meliputi: sejarah mitos Cina, karakteristik mitos Cina, intelektualitas masyarakat Cina, pengaruh agama terhadap mitos dan hal-hal yang berkaitan dengan mitos lainnya. Pada dasarnya, bab kedua pada buku ini berusaha mengantarkan pembaca pada bahasan utama yaitu mitos dari masyarakat Cina.
Setelah wacana tentang mitos diulas pada bab kedua, pada bab ketiga buku ini membahas tentang penciptaan mitos secara lebih spesifik, perbedaan alam semesta menjadi salah satu bagian yang menarik pada bab ketika ini. Pada bab ketiga ini sudah mulai muncul adanya mitos tukang memperbaiki langit Serta adanya dualisme dualisme josmogoni

Baca juga:

Bab keempat hingga abad ke-9 dari buku ini, membahas tentang dewa-dewa dan mitos-mitos masyarakat Cina. Bab keempat diawali dengan lahirnya jiwa penyembahan penyembahan. Dewa-dewa yang diulas pada bab keempat buku ini meliputi: Dewa kesusastraan, dewa perang, Dewa Wira,  Dewa Para manusia dewa, serta penjelasan tentang agama Buddha dan konfusianisme. Pada bab kelima hingga bab ke-9 buku ini, menjelaskan tentang mitos burung, mitos guruh, mitos petir, mitos angin, mitos hujan, mitos air, mitos api, mitos wabah penyakit, mitos obat-obatan, serta mitos ekonomi.
Ketujuh bab terakhir cari buku ini membahas hal yang tak kalah serunya dengan pembahasan sebelumnya. Tujuh bab terakhir buku ini membahas tentang: Dewi Welas Asih, delapan Dewa pengawal gerbang langit, pertempuran para dewa, Bagaimana Sang Kera menjadi dewa, legenda-legenda rubah dan diakhiri dengan bab macam-macam Legenda. Jika kita cermati, salah satu dari ketujuh bab terakhir buku tersebut membahas tentang kisah perjalanan seekor kera yang kemudian menjadi dewa. Kisah ini tentu tidak asing bagi kita, karena kisah tersebut sudah difilmkan serta Ada pula yang ditayangkan episode per episode. Kisah tersebut menjadi bagian menarik kitab aja tentunya untuk kita ambil hikmahnya.
Secara keseluruhan, buku yang ditulis oleh Werner ini telah mampu menggambarkan mitologi Cina dengan sangat baik. Bahkan untuk memerinci pembahasannya, setiap bab kemudian diperinci ke dalam subbab-subbab yang lebih mudah dipahami dan dimengerti. Karena bagusnya isi dari buku ini, akan sangat disayangkan jika anda tidak membacanya secara langsung.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here