TERNYATA MENGINGAT ALLAH LEBIH MULIA DARIPADA MENGINGAT MANTAN - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, January 11, 2018

TERNYATA MENGINGAT ALLAH LEBIH MULIA DARIPADA MENGINGAT MANTAN

Hai Sobat galau.
Tahun 2018 adalah tahun bagi generasi milenial. Generasi ini adalah generasi yang memiliki respon sangat tinggi terhadap teknologi dan sosial media. Hal ini dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari para pemuda jaman now. Sebagian dari mereka menggunakan sosial media untuk stalking terhadap mantan, mereka seakan tidak rela terhadap mantan yang sudah melupakannya. Waktu-waktu mereka Mami dihabiskan untuk mengamati perkembangan mantan. Apakah kegiatan mereka dalam rangka mengingat mantan ini bermanfaat.? Bagaimana Islam memandang hal tersebut.?

Mengingat mantan sejatinya adalah hal yang tidak berguna. Betapa tidak, waktu anda yang seharusnya produktif untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat, justru habis sia-sia untuk hal yang sudah berlalu telah terjadi. Apakah mengingat mantan itu dilarang.? Tentu tidak, jika angka dalam mengingatnya adalah untuk memperbaiki diri dan meninggalkan segala keburukan yang pernah dilakukan. Jika demikian, mengingat Apakah mulia daripada mengingat mantan.?
Jawaban dari pertanyaan tersebut hanyalah satu. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah dengan mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mengapa demikian.? Karena Allah lah yang telah memberikan kita kehidupan, telah memberi kita akal kesempurnaan, telah memberi kita berbagai kesempatan dan Allah Allah lah yang telah menjadikan kita khalifah di muka bumi.
Allah SWT berfirman:
"(Ingatlah), ketika Allah membuat kamu mengantuk untuk memberi ketenteraman dari-Nya, dan Allah menurunkan air (hujan) dari langit kepadamu untuk menyucikan kamu dengan (hujan) itu dan menghilangkan gangguan-gangguan setan dari dirimu dan untuk menguatkan hatimu serta memperteguh telapak kakimu (teguh pendirian)."
(QS. Al-Anfal 8: Ayat 11)
Allah Subhanahu Wa Ta'ala memiliki peranan yang sangat besar dalam hidup kita. Dialah yang telah menciptakan kita, Dialah yang telah mencukupi seluruh kebutuhan kita, Dialah yang mengerti seluruh permohonan kita, Dialah yang mengetahui seru pengharapan kita, dan Dialah yang dapat menerima kita tanpa tendensi apapun. Jika demikian, masih layakkah kita untuk mengingat kepada selain-Nya..?


Baca juga : 


Mari merenungkan kembali jawaban dari pertanyaan di atas. Dengan berbagai fasilitas yang telah kita nikmati dalam keseharian, Apakah masih layak bagi kita untuk mengingat seorang mantan.? Yang perlu diingat pula, mantan adalah ciptaan Allah. Di sisi lain, anda pun juga merupakan ciptaan Allah. Dalil aqlinya, jika anda diberikan dua pilihan antara memiliki mobil canggih dan memiliki kedekatan dengan seseorang yang memiliki pabrik mobil canggih, tentu pilihan terbaiknya adalah memiliki kedekatan dengan pemilik pabrik mobil canggih. Mengapa demikian.? Dengan anda dekat kepada pemilik pabrik mobil canggih, anda lebih berpeluang mendapatkan mobil tercanggih yang ia produksi. Logika ini agaknya dapat kita terapkan dalam kasus mengingat mantan.
Mantan adalah seseorang yang diciptakan oleh Tuhan. Jika hidup kita hanya terpuruk mengingatnya, maka kita hanya akan dapat menghabiskan waktu untuk hal percuma. Akan tetapi jika sebaliknya, kita mengingat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, bukan sesuatu yang sulit bagi Allah untuk mengirimkan makhluk ciptaanNya yang lebih baik daripada mantan terdahulu anda.
Allah Subhanahu wa Ta'ala Berfirman:
"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 152)
Allah telah menjanjikan kepada kita, jika kita mengingatNya maka Allah juga akan mengingat kita. Kiranya tidak salah logika di atas kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang perlu kita ingat bersama bahwa, mantan bukanlah kepastian. Akan tetapi mantan hanyalah sebuah kenangan.


Sumber : Via Al-Qur'an Indonesia http://quran-id.com
Penulis : Teguh Kasiyanto
Ilustrator : Andre Sempu

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here