THE FIRST TRIP GOES TO THE WESTERN PART OF EAST JAVA PROVINCE (Part 1, The First Day) - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, October 10, 2017

THE FIRST TRIP GOES TO THE WESTERN PART OF EAST JAVA PROVINCE (Part 1, The First Day)

Reporter : Teguh Kasiyanto

Pagi itu matahari bersinar dengan cerah. Seperti biasa kegiatan di sekretariat organisasi sudah mulai menggeliat. Empat orang dari organisasi ini sedang menyelesaikan persiapan untuk melakukan perjalanan jauh. Empat orang tersebut adalah saya, Ahmad Fauzi, Ferry Fuad Fadilah, dan Faiz Ary Sabana. Kami berempat akan menuju Ponorogo. Kami ke sana bukan untuk bersenang-senang. Akan tetapi sepanjang perjalanan, Kami juga akan mempererat tali silaturahmi dengan sahabat-sahabat di kota lain. Selain itu, Ferry dan Faiz mereka akan menjalani Pelatihan Kader Dasar yang dilakukan oleh Pengurus Komisariat PMII IAIN Ponorogo. Pelatihan Kader Dasar adalah jenjang kaderisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia pasca MAPABA. Sementara saya dan Fauzi, hanya akan mengantarkan dan berpengalaman disana.

Hari itu Sabtu, 4 Februari 2017, kami berencana berangkat. Setelah segala persiapan Telah usai, kami segera berpamitan untuk berangkat. Sekitar pukul 09.45 WIB, kami memulai perjalanan jauh dengan bersepeda motor. Faiz berboncengan dengan Ferry. Sementara saya dibonceng oleh Fauzi. Setelah berdoa sejenak, roda motor pun mulai berputar. Dengan berhati-hati kami memulai perjalanan panjang ini.

Kondisi jalanan jelang siang itu lumayan ramai. Kami terus menuju ke barat melalui Rambipuji, Tanggul, Sumber Baru, Jatiroto, Lumajang kota, dan terus ke selatan menuju arah Senduro dan Piket nol. Saat melewati Lumajang kota, awan mulai bergelayut di atas sana. Setelah misi bahan bakar, kami pun melanjutkan perjalanan hingga di daerah Piket nol. Ini adalah saatnya kami beristirahat sejenak. Di sekitaran daerah Piket nol terdapat warung warung kecil di pinggir jalan. Dan di seberang jalannya adalah jurang dengan pemandangan yang menakjubkan. Kami berhenti sejenak, sekedar melepas penat dan meneguk secangkir kopi.

Pukul 01.00 siang, kami kembali melaju. Di tengah kondisi yang masih mendung dan sesekali gerimis, kami memilih melanjutkan perjalanan. Dengan kecepatan sedang, motor pun terus melaju mengitari pegunungan Semeru. Untungnya, semakin ke barat mendekati daerah Malang, cuaca perlahan membaik.

Kepanjen pun terlalu. Lalu lintas di daerah Malang sore itu sangat ramai. Mungkin Jam jam segitu pegawai-pegawai mulai pulang kerja. Setelah perkotaan Malang berakhir, motor pun terus melaju melintasi Bendungan Karangkates. Udara di daerah sana sangat sejuk. Diiringi dengan nuansa pegunungan di kanan dan kiri jalan, mengantarkan kami memasuki gerbang Kabupaten Blitar. Daerah Selorejo kami lalui. Namun karena perut sudah sulit dikondisikan, dan sholat juga perlu ditegakkan, Kami pun berhenti sejenak untuk makan dan salat jama' ta'hir. Lepas sholat, roda roda motor kembali berputar. Melintasi perkotaan yang tertata rapi hingga sampai ke daerah Garum yang memiliki beberapa SPBU.

Kami akan menginap di kota ini. Kami berhenti di salah satu perempatan lampu merah. Beberapa menit kemudian, sahabat kami yang bernama Nada datang menjemput. Kami pun diajak ke rumahnya. Sesampainya di sana, kami disambut dengan sangat baik oleh keluarganya. Setelah berbincang beberapa saat, kami pun dipersilakan untuk makan bersama dan ditemani dengan segelas kopi. Sungguh rasa nikmat yang tak dapat terungkapkan.



Lepas sholat Isya, kami berkeliling sejenak. Kami kemudian menuju petilasan dari Syekh Subakir. Salah satu tokoh yang paling terkenal dari Wali Songo generasi awal. Letaknya tidak jauh dari Rumah Nada. Hanya membutuhkan waktu 15 menit, kami sudah tiba di lokasi. Di sana, kami berdoa sejenak dan mengagumi jejak-jejak sejarah yang masih tersisa. Berkeliling kota Blitar menjadi kegiatan kami berikutnya. Setidaknya merasakan atmosfer Blitar di malam hari. Puas kami berkeliling, kami pun kembali untuk beristirahat.

Please wait for the next part...!!!  Thanks for your attention.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here