RESENSI BUKU SOSIOLOGI EKONOMI, Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, December 12, 2017

RESENSI BUKU SOSIOLOGI EKONOMI, Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme


By : Teguh Kasiyanto


Penulis          : DR. Bagong Suyanto
Penerbit        : Kencana
Tahun Terbit : 2017
Tebal             : XX+286 Halaman
Ukuran          : 13,5x20,5 cm
Harga             : Rp72.000,00 Diskon 15% Rp61.200,00 di Togamas Jember
ISBN.              : 9786029413823

Buku sosiologi ekonomi ini, merupakan buku cetakan ke-3 yang diterbitkan pada tahun 2017. Dari judulnya saja, kita akan mengetahui jika buku ini membahas percampuran antara dirimu sosiologi dan ilmu ekonomi. Pencampuran dua keilmuan tersebut, menghasilkan satu cabang keilmuan baru yang disebut sosiologi ekonomi.

Baca juga :

Buku yang berjudul lengkap sosiologi ekonomi kapitalisme dan konsumsi di era masyarakat Post modernisme ini memiliki banyak kelebihan. Banyak kelebihan beberapa bagian dari buku ini dibahas dengan menggunakan perspektif kritis. Sehingga kita dapat mengetahui kondisi sosial ekonomi yang ada di masyarakat saat ini. Pembahasannya pun sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja Bahasan tentang gaya hidup dan masyarakat konsumen. Dengan pembahasan yang mudah dipahami, buku ini sangat layak untuk dibaca bagi para sosiolog muda dan pengamat ekonomi serta masyarakat luas yang haus akan pengetahuan.
Buku yang menarik ini terdiri dari 11 bab di dalamnya. Secara garis besar isi buku tersebut meliputi pembahasan tentang: sosiologi ekonomi kontemporer, teori kritis sosiologi ekonomi, kapitalisme, neoliberalisme, masyarakat konsumen, gaya hidup, globalisasi, komoditas, hiperrealitas bahkan bahasa iklan yang mempengaruhi tingkat konsumsi Masyarakat. Yang juga menarik dari buku ini adalah disertakan nya referensi dari setiap bab pembahasan. Sehingga pembaca dapat mencari secara langsung mencari referensi-referensi rujukannya. Cukup.?
Secara keseluruhan, buku ini sangat baik. Namun ada beberapa kekurangan yang mungkin akan dapat diperbaiki baik oleh penulis maupun penerbit. Pertama, pada beberapa bagian dari buku ini perlu ditambahkan contoh-contoh yang kontekstual. Bisanya bahasa Jawa sandi tentang komoditas. Kedua, ukuran buku ini perlu sedikit diperlebar dan diperpanjang. Agar buku ini dapat lebih mudah dibaca, dan dipegang oleh penyandang low Vision sekalipun. Karena bagi penyandang low Vision, cara membacanya akan menempel pada buku. Sehingga dengan ditambah ukuranya misalnya, 14x21 atau 16x24, buku akan tetap nyaman meskipun dibaca dari jarak dekat.

1 comment:

Post Top Ad

Responsive Ads Here