RESENSI BUKU MENGGUGAT PATRIARKI - ILMU BAROKAH MANFAAT

Recent

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, December 2, 2017

RESENSI BUKU MENGGUGAT PATRIARKI


By : Teguh Kasiyanto


Penulis          : Kamla Bhasin
Penerbit        : Yayasan Bentang. Budaya
Tahun Terbit : 1996
Tebal             : Xiii+65 Halaman
Ukuran          : 14x20 cm
Harga             : Rp25.000,00


         Budaya patriarki adalah budaya yang tersebar di berbagai belahan dunia. Budaya ini memandang kaum perempuan lebih rendah dari kaum laki-laki. Meskipun sekarang sudah memasuki zaman yang sangat modern, namun budaya tersebut masih dipertahankan dan diterapkan di masyarakat. Masyarakat Indonesia juga memiliki budaya patriarki, meskipun ada beberapa daerah yang memiliki budaya matrinileal.
         Buku yang berjudul Menggugat Patriarki ini adalah buku yang unik bagus bagi para pemula menuju teori-teori feminis. Buku ini sangat mudah dipahami oleh semua pembaca yang budiman. Buku ini berisi tentang tanya jawab berkaitan ketimpangan -ari yang terjadi antara kaum laki-laki dan perempuan.
         Buku ini terdiri dari dua bab utama, yaitu tentang patriarki dan sejarah patriarki dari berbagai rujukan. Kamla Bhasin memulai buku ini dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang sering kita dengar sehari-hari. Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus mendalam dan menyentuh ketimpangan yang terjadi di sekitar kita. Diantara dari contoh-contoh pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah : Apa yang disebut patriarki.?, Bagaimana wujud patriarki.? Bisakah kita lihat dalam kehidupan kita sendiri.? Dan pertanyaan-pertanyaan lainya.
         Dalam buku ini, kita juga akan menjumpai berbagai bentuk-bentuk ekploitasi terhadap kaum perempuan. Dalam buku ini juga dijelaskan beberapa kontrol kaum laki-laki atau perempuan. Kontrol tersebut meliputi daya produktif perempuan, reproduksi perempuan, kontrol atas seksualitas perempuan, gerak perempuan dan kepemilikan atas sumber daya
         Buku ini direkomendasikan bagi pemula. Karena dengan membaca buku ini, para pemula dapat mengenali bentuk-bentuk ekploitasi Terhadap perempuan oleh laki-laki. Bagi anda yang sudah membaca buku-buku feminis, mungkin buku ini akan terdengar dangkal. Tapi untuk memperkaya khasanah keilmuan, hal ini tak ada salahnya untuk divaca.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here